Waktu Dan Tempat induk Murai Batu bertelur

Waktu dan tempat induk murai batu bertelur- Sesuai pengalaman penulis,biasanya induk murai batu pertama akan bertelur setelah berumur di atas satu tahun.akan tetapi,semua tidak bisa di jadikan patokan,kerena lain induk lain pula masa birahi dan tingkat birahinya,semakin cepat induk betina murai batu birahi,maka akan semakin cepat pula ia menemukan pasangannya untuk melakukan perkawinan..

Biasanya induk murai batu akan mengeram telurnya selama 13 sampai 15 hari,namun yang paling sering,dalam 14 hari telur murai batu sudah akan ada yang menetas.dalam masa Mengeram dan bertelur inilah,kita sebagai juragan di wajibkan melakukan perawatan secara kusus agar hasil yang di dapatkan sesuai keinginan..Waktu Dan Tempat induk Murai Batu bertelur

Advertisements

Yang terpenting,suasana sekitar harus selalu kita jaga ketenanganya,sebab induk murai batu masa ini membutuhkan ketenangan baik yang di timbulkan oleh suara manusia maupun dari binatang lain dan suara kendaraan..

Jika suasana di area terlalu bising,berisik membuat induk murai batu kurang nyaman saat melakukan pengeraman,maka telur yang di engrami akan sering di tinggalkan,jadinya suhu dalam telur tidak bisa stabil,jika hal ini terjadi,peluang kegagalan sangat besar..

Advertisements

perhatikan juga pakan pada saat induk murai mengerami telurnya,pakan yang baik untuk induk mengeram adalah berupa voer dan sedikit jangkrik.jangan di berikan extra Voding secara berlebihan,jika kedua induk naik birahinya,keduanya akan bersifat agresif baik terhadap pasangan maupun kepada telurnya sendiri..

Proses mengeram induk murai batu memerlukan waktu hingga 15 hari,umumnya dari 4 telur murai batu,yang akan menetas secara sempurna hanya dua butir saja,tidak semua telur murai batu akan menetas secara sempurna..

Akibat telur tidak menetes banyak hal dan faktor yang mempengaruhi,bisa juga akibat lingkungan,ngangguan parasit yang akibatnya sang induk sering meninggalkan sarang saat mengeram..inilah faktor yang sering terjadi jika telur murai batu tidak mau menetas..

Jika induk murai batu sudah memasuki hari ke 12 saat mengeram,sebaiknya di sekitar kandang kita berikan atau siapkan pakan berupa kroto,hal ini untuk mengantisipasi jika telur menetas selanjutnya induk murai batu akan menyuapi anaknya dengan kroto tersebut..

Ingat pemberian kroto ini hanya di berikan ketika telur yang dierami induk tersebut sudah mulai menetas,sediakan pakan yang berlebih,sebab di masa ini induk akan membutuhkan pakan lebih untuk di berikan pada anaknya dan untuk dirinya sendiri.

yang perlu di ketahui,jika telur sudah menetas,jangan sekali-kali juragan menyentuh atau menganggu anak murai yang baru menetas tersebut..jika hal ini terjadi,maka sudah bisa di pastikan,induk murai batu akan membuang anaknya bahkan membunuhnya..jika kita ingin mengambil,langsung saja kita sapih dan kita besarkan sendiri saja..semoga membantu..

Advertisements
Waktu Dan Tempat induk Murai Batu bertelur | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.