Tips Sebelum Melatih Ayam Bangkok Bertarung

Tips Sebelum Melatih Ayam Bangkok Bertarung – Sebelum melatih ayam petarung, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melatih ayam petarung. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melatih ayam petarung diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements

Sebelum latihan, ayam petarung hendaknya dibatasi makanannya terlebih dahulu. Pemberian amakan secara berlebihan akan mengakibatkan ayam menjadi kekenyangan. Disaat ayam tersebut kekenyangan, pasti akan merasa malas untuk mengerjakan sesuatu termasuk untuk melawan musuhnya.

Akibatnya, gerakan yang akan dikeluarkan ayam tersebut akan menjadi lambat. Pemberian pakan sebelum bertanding atau sebelum latihan memang perlu seimbang.

Tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu berlebihan. Jika terlalu sedikit maka akan mengakibatkan ayam terlalu kurus.Simak Latihan Mental,Fisik Ayam Bangkok

Tips Sebelum Melatih Ayam Bangkok Bertarung

Tips Sebelum Melatih Ayam Bangkok Bertarung

Ayam yang terlalu kurus dapat kekurangan tenaga atau bahkan tenaga ayam habis saat pertandingan berlangsung. Untuk mengatasi ayam yang terlalu kurus caranya adalah dengan menambahkan sedikit voer ke dalam makanan ayam.

Tujuannya tak lain supaya badan ayam akan terlihat lebih berisi dan tenanganya pun tidak kekurangan saat pertandingan berlangsung.

Memandikan dan menjemur ayam

Ayam petarung sebaiknya dimandikan secara rutin yaitu setiap hari. Waktu pemandiannya adalah pada pagi hari sekitar pukul sepuluh.

Apabila sudah dimandikan, sebaiknya ayam langsung dijemur. Penjemuran dapat dilakukan saat selesai mandi hingga pukul dua belas.Baca Mencegah Rontok Bulu Ayam Petarung Bangkok

Advertisements

Penjemuran dapat dilakukan di dalam kurangan. Menjemur ayam petarung tidak boleh terlalu lama. Mengapa begitu? Karena akan menyebabkan metabolisme ayam menjadi rusak.

Setelah selesai dijemur, selanjutnya ayam dapat diletakkan di tempat yang teduh. Setengah jam kemudian, ayam dapat diberikan minuman yang telah dicampur multivitamin.

Mengorok tenggorokan ayam

Tujuan dari mengorok tenggorokan ayam adalah untuk menghilangkan lendir yang ada di dalam tenggorokan ayam tersebut. Mengorok tenggorokan ayam dapat dilakukan dengan menggunakan bulu ayam yang halus.

Jangan menggunakan bulu ayam yang kasar karena dapat menyebabkan tenggorokan ayam menjadi rusak.Mengorok tenggorokan ayam dapat dilakukan saat ayam telah selesai minum.Baca Pakan Ayam Bangkok Petarung Rahasia Juara

Menyediakan kurungan atau kandang

Ayam petarung memang identik dengan yang namanya kurungan atau kandang.  Kurungan atau kandang dapat terbuat dari bambu atau kayu.

Pada bagian alas kurungan tidak perlu diberikan alas. Namun, jika tidak diberikan alas akan menyebabkan kaki ayam menjadi terluka.

Untuk itulah, berikan alas dari karung. Karung tersebut dapat dibersihkan setiap harinya agar kotoran tidak menumpuk. Kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan penyakit.

Sedangkan apabila menggunakan kandang, bagian alasnya harus dibuat dengan menggunakan kayu atau bambu. Walaupun dengan menggunakan kandang, sebaiknya kandang dibersihkan dari kotoran ayam.

Tujuannya sama, agar kotoran tidak menumpuk dan kandang terbebas dari penyakit yang dapat menyebabkan ayam menjadi sakit.

Di dalam kandang ayam dapat dibuat tenggeran. Dengan adanya tenggeran akan memperlancar dalam proses latihan. Tengeran yang dibuat dapat terbuat dari kayu bulat.simak juga Warna Bulu Ayam Bangkok Yang Berkualitas Tempur

Advertisements
Tips Sebelum Melatih Ayam Bangkok Bertarung | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.