Memulihkan Tenaga Stamina Ayam Setelah Laga

Memulihkan tenaga stamina ayam setelah laga – Bisa di katakan ayam akan menggalami drop baik dari tenaga,fisik dan stamina setelah siap laga,baik itu hanya laga abar apalagi jika setelah tarung secara sungguhan,maka dari itu,hal ini menjadi perhatian penting abis sang juragan untuk segera melakukan perawatan kusus guna untuk mengembalikan stamina dan Tenaga ayam seperti sediakala..

Jika hal sampai juraga di rumah di abaikan,maka akan berdampak negatif bagi kesehatan ayam tersebut,selain ayam mungkin bisa saya mengalami luka dalam yang memang tidak nampak jika kita lihat dari mata telanjang,mungkin juga ayam bisa mengalami drop dan kelumpuhan barakibat luka yang tak kunjung sembuh dan hal ini akan mengakibatkan infeksi..

Advertisements

Banyak ayam drop atau bisa di katakan soak setelah bertarung,penyebab utama bisa saja ayam mengalami luka dalam cukup parah,dan akhirnya akan mengalami mental turun,jadinya ayam egan dan ketakutan jika kita akan turunkan kembali.Memulihkan Tenaga Stamina Ayam Setelah Laga

Hal inilah yang wajib menjadi perhatikan juragan kususnya pemula yang mungkin belum ada fikiran ke hal tersebut,memang tergolong remah,namun memiliki dampak besar bagi ayam bangkok kita nantinya..apalagi jika memang ayam tersebut sudah siap untuk kita turunkan,Juragan sendiri yang mungkin akan mengalami kerugian..

Memulihkan Tenaga Stamina Ayam Setelah Laga

Hal yang pertama harus juragan lakukan pada ayam setelah laga adalah pemberian ramuan antobiotik yang mana terdapat sebuah luka pada ayam bangkok tersebut.Sangat tidak di sarankan menggunakan bahan atau pengobatan yang mungkin bisa membuat ayam menjadi malah drop,misal menggunakan bahan dari Iodium yang bisa membuat bekas luka ayam malah Tidak mau hilang dan terus membekas..

Apabila terdapat luka besar dan darah tidak kunjung mampet,maka juragan di rumah bisa menggunakan bahan tradisional untuk menghentikan pendarahan tersebut,misal menggunakan bubuk kopi yang lebih cepat untuk menutup pembuluh darah ayam ketika ayam sedang terjadi pendarahan..

Baca juga: Cara Membaca Lawan Tarung Ayam Bangkok

Ketika pendarahan ayam sudah tidak terjadi lagi,maka bisa juragan lakukan penjahitan manual,yang bisa kita lakukan sendiri untuk mempercepat luka tersebut mampu pulih dengan cepat.

Selain masalah di atas,banyak juga kita temukan masalah lain,misal saat ayam sedang bertarung,paruh terkena pukulan dan tanggal.jika ini menimpa ayam bangkok juragan di rumah,maka bisa kita pulihkan kembali dengan cara memasang paruh copot tersebut,lalu ikat kuat ke arah bagian jengger.Mungkin memerlukan beberapa minggu untuk memulihkan paruh tanggal pada ayam saat sedang laga.

Advertisements

Perawatan ayam lanjutan setelah siap bertarung

Mungkin akan lebih membutuhkan perawatan serba ekstra kusus bagi ayam bangkok yang sudah siap berlaga,perawatan tambahan yang wajib juragan berikan pada ayam Bk adalah memberikan sedikit air gula merah yang memiliki manfaat sebagai penambah sumber kerbohidrat yang mampu dengan cepat di serap oleh ayam..

Jangan campurkan ayam dengan ayam lain yang masih sehat,akan lebih bagus jika ayam kita tempatkan di kandang tersendiri,biarkan ayam beristirahat dengan tenang dan cukup untuk menenangkan diri hingga beberapa hari,Nah jika kita rasa kondisi ayam sudah agak normal dengan di tandai nafsu makan sudah normal..

Baca juga: Mencari Hari Baik Untuk Laga Ayam Bangkok

Maka ayam sudah bisa untuk kita lakukan latihan senam ringan hanya untuk melemaskan otot-otot yang lama tidak melakukan gerak.hal ini penting untuk menghindari ayam turun urat.lakukan latihan ringan secara rutin setiap hari sampai kondisi ayam benar-benar pulih seperti semula..

Pakan Untuk Ayam setelah siap Laga

Bisa di pastikan,Jika ayam tidak mau dan nafsu makan mungkin akan menurun drastis,untuk menghindari hal-hal yang tidak juragan inginkan,maka bisa di berikan pakan alternatif berupa Susu cair yang dalam tata cara pemberiannya bisa langsung kita lolohkan ke dalam tembolok..

Caranya yang bisa juragan lakukan yaitu dengan menggunakan suntikan yang ujung dari suntikan telah kita rombak berikan selang kusus untuk memasukan susu cair ke dalam tembolok dengan cara langsung di lolohkan dalam tenggorokan.

Namun Jika ayam memang tidak mau makan,sebaiknya jangan terlalu untuk dipaksakan,juragan juga wajib sabar sebab kondisi fisik ayam juga lagi tekor,Yang terpenting jika memberikan pakan berikan yang lebih banyak kandungan karbohidrat dan protein tinggi untuk menyuplai tenaga ayam supaya tidak lemas..

Pakan yang juragan berikan juga harus memiliki tekstur lembut TIDAK keras supaya ayam lebih mudah untuk mencerna,pakan yang paling tepat adalah air gula merah,susu cair,vitamin serta pemberian mineral secara rutin dan terjadwal.

Baca juga: Membaca Ayam Menang Atau Kalah Saat Bertarung

Pastikan waktu istirahat ayam sudah sangat cukup jika juragan menginginkan ayam tersebut kita lakukan latihan kembali seperti sediakala,dan pastikan juga ayam mendapatkan porsi pakan sangat cukup.Sebaiknya jangan terlalu tergesa-gesa untuk menurunkan ayam kembali,tunggu ayam telah memiliki tenaga,stamina dan kekuatan Full jika ingin di turunkan..

Demikian sedikit penjelasan tentang Memulihkan Tenaga Stamina Ayam Setelah Laga semoga bermanfaat dan berguna…salam..

Advertisements
Memulihkan Tenaga Stamina Ayam Setelah Laga | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.