Ciri Anakan Murai Batu Jantan Betina Berkualitas

Ciri anakan murai batu jantan betina berkualitas– Saat anakan murai batu masih memiliki umur di bawah satu bulan,kita belum bisa untuk membedakan jenis kelaminya,piyikan murai batu mudah kita tentukan jenis jantan atau betina nya setelah anakan berumur 3 bulan keatas.

Diusia 3 bulan tersebut,anakan murai batu jantan betina bisa kita deteksi jenis kelaminya 100% benar.maka dari itu,jika juragan di rumah ingin membeli anakan murai batu,maka tunggulan hingga anakan tersebut telah berusia di atas 3 bulan.

Advertisements
Ciri Anakan Murai Batu Jantan Betina Berkualitas

Foto By olx

Jika masih di bawah 3 bulan,bisa kita prediksi jenis kelaminnya,namun kita hanya sekedar meraba-raba,belum bisa kita pastikan secara benar.agar kita tidak salah beli atau tertipu akan lebih bagus jika membeli anakan murai batu baik ke peternak,pasar atau anakan murai batu hutan setelah anakan tersebut telah berusia 2 bulanan.

Ciri anakan murai batu jantan betina berkualitas bisa kita lihat dengan ciri fisik yang di berikan pada piyikan tersebut.sebab anakan murai batu jantan dan betina dalam melakukan perawatan juga berbeda,anakan murai batu jantan kita tempah kusus sebagai calon murai batu kontes nantinya,jadi di perlukan perawatan serba ekstra kusus.

Ciri Anakan Murai Batu Jantan.

Untuk ciri fisik anakan murai batu jantan,kita bisa melihat pedoman yang terdapat pada bagian tubuh meliputi.

  1. Kusus di bagian dada anakan tersebut terdapat bintik warna kecoklatan.
  2. Bentuk serta ukuran badan piyikan lebih besar di badingkan anakan murai batu betina.
  3. Memiliki ekor lebih panjang dan bagian pantat lebih besar dan menonjol.
  4. Pada bagian sayap anakan terdapat bintik kecoklatan.
  5. Pada bagian kepala anakan jantan lebih lebar serta memiliki bentuk panjang.
  6. Bagian paruh piyikan murai batu lebih panjang dan relatif tebal.
  7. Memiliki bulu yang hitam mengkilap.
  8. Pada bagian dada memiliki warna kuning lebih mengkilap.
  9. Bagian leher piyikan terdapat warna hitam pekat.
  10. Pada saat memberi pakan anakan murai batu,yang jantan relatif memiliki suara lebih keras dan besar.

Ciri Piyikan Murai batu jantan.

Advertisements
  1. Pada dadanya terdapat bulu yang berwarna hitam agak sedikit kotor keabuan.
  2. Warna coklat agak keputihan panjang hingga ke bagian bawah badan.
  3. Memiliki ukuran serta bentuk badan yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan piyikan murai batu jantan.
  4. Bagian pantat dan ekor relatif pendek.
  5. Pada bagian paruh anakan murai batu betina relatif tipis dan pendek.
  6. Paruh sedikit agak lancip jika kita lihat dari atas.
  7. Memiliki warna bulu yang hitam,namun sedikit keabuan.
  8. Pada bagian garis warna bulu lehernya lebih dominan putih agak keabuan.
  9. suara lebih kecil bahkan tidak memiliki suara saat kita loloh untuk di berikan pakan.

Ciri fisik anakan murai batu di atas adalah cara yang paling mudah untuk membedakan jenis kelaminnya,cara inilah yang paling banyak di buat pedoman para juragan murai batu jantan betina.jadi jika anakan murai batu memiliki ciri pada bagian badannya seperti di atas,maka positif untuk mengetahui jenis kelaminya.

Perawatan Anakan Murai Batu.

Anakan murai batu biasanya di sebuat juga dengan trotolan,trotolan ini bisa kita sebut jika anakan murai batu masih memiliki usia antara 1-4 bulan.di masa ini biasanya anakan murai batu tersebut akan bersiap untuk mengalami ganti bulu atau yang biasa di sebut mabung perdananya.

Perawatan harian utuk anakan murai batu harus kita lakukan secara serba kusus,karena mulai dari piyikan inilah anakan murai batu akan kita tempah menjadi murai batu calon juara kontes nantinya..dalam masa perawatan,sebaiknya anakan murai batu kita tempatkan pada sangkar kusus yang memiliki ukuran relatif lebih besar..

Cara pemberian pakan anakan murai batu di masa ini pakan utama masih kita berikan voor untuk setiap harinya.selain pakan utama,kita juga berikan pakan berupa extra voding yang berupa jangkrik sebagai pakan selingan yang juga kita berikan rutin setiap hari.

Pemberian pakan jangkrik ini kita berikan setiap waktu pagi dan sore hari,bisa pagi 4 ekor dan sore 4 ekor,silahkan juragan di rumah sesuaikan sendiri,tak ada batasan kusus,yang penting murai batu jangan di berikan pakan jangkrik yang terlalu berlebihan,berikan hanya sebagai pakan selingan saja,pakan utama berupa voer selalu kita berikan pada kandang anakan murai tersebut.

Vitamin Anakan Murai Batu.

Selain pakan dan extra foding,pemberian vitamin juga sangat penting kita berikan,hal ini untuk menjaga kekebalan tubuh anakan murai batu dari segala serangan berbagai jenis penyakit,dengan demikian,murai batu tersebut lebih kebal dan jarang terkena penyakit.

Cara memberikan vitamin pada anakan murai batu bisa dengan cara melalui pakan,caranya,pakan berupa jangkrik dan kroto kita olesi vitamin tersebut lalu kita berikan pada anakan murai batu.selain melalui pakan,bisa juga dengan cara di tetes atau sesuai pentunjuk penggunaan vitamin tersebut.

Vitamin yang paling baik untuk piyikan murai batu dengan Merek Vitasol yang bisa kita berikan 3 kali dalam sehari sebanyak 2-3 tetes.akan lebih bagus dan tepat sesuai dosis jika juragan langsung membaca petunjuk dalam isi kemasan vitam tersebut..semoga membantu..

Advertisements
Ciri Anakan Murai Batu Jantan Betina Berkualitas | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.