Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama

Cara perawatan murai batu mabung pertama- Murai batu mabung atau rontok bulu baik yang masih anakan maupun murai batu yang telah dewasa adalah sudah menjadi siklus dan faktor alam.intinya di masa ini,murai batu akan mengalami mabung dengan sendirinya dan ini juga berlaku untuk seluruh murai batu..namanya juga hukum alam,jadi masa mabung ini TIDAK bsa untuk kita cegah..

Merawat murai batu mabung pertama ini harus kita lakukan perawatans ecara benar,jika juragan di rumah asal merawat saja,nantinya membuat murai batu tersebut juga kurang baik,baik secara fisik maupun kualitas tempurnya.jika kita sampai salah dalam melakukan perawatan sudah pasti akan menyesal nantinya sebab murai batu menjadi rusak hilang pamor kewibawaanya..

Advertisements
Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama

Foto By Omkicau

Saat terjadi mabung baik murai batu anakan maupun murai batu yang telah dewasa,maka sudah di pastikan,metabolisme tubuh akan mengalami penurunan.maka dari itu,hal yang penting untuk juragan di rumah ketahui adalah,kita di wajibkan untuk memberikan pakan yang banyak mengandung nutrisi untuk mengimbangi metabolisme tubuhnya yang semakin meningkat..

Yang paling di takutnya,jika salah dalam melakukan perawatan,setelah masa mabung siap,murai batu tersebut malan macet untuk berkicau,tidak mau berkicau dan hal inilah yang paling banyak di alami para juragan murai batu yang salah dalam melakukan perawatan.

Untuk anakan murai batu,biasanya setelah memasuki usia ke 4 bulan,anakan murai batu atau yang bisa disebut trotolan akan mengalami masa mabung pertama.Anakan murai batu tersebut juga akan mengalami mabung yang cukup lama,tak jarang sampai ada yang 5 bulan baru siap mabungnya,namun secara normal,mabung pertama anakan jurai batu akan berlangsung selama 3-4 bulan saja,bahkan juga bisa lebih.

Nah,jika anakan murai batu sudah siap mabung,maka trotolan tersebut sudah memiliki umur sekitar 6-8 bulanan jika msa mabung pertama di usia ke 4 bulan.dalam masa ini,murai batu sudah siap untuk kita tempah menjadi murai batu bakalan yang di persiapkan sebagai calon juaran kontes.

Advertisements

Masa mabung anakan murai batu biasanya akan mengalami kerontokan bulu halusnya pada bagian tubuh,lalu bagian sayap dan seterusnya.intinya mabung pertama anakan murai batu menandakan jika anakan murai batu tersebut akan menginjak murai batu bakalan/dewasa.

Perawatan Kusus Murai Batu Mabung.

Dalam masa ini juragan di wajibkan untuk melakukan perawatans erba kusus jika mengiginkan murai batu tersebut nantinya bisa mencarikan makan juraganya,mencarikan makan dalam arti mampu menjuarai berbagai kontes.

Hal serta perlakukan saat murai batu mabung yang harus juragan lakukan dan hal yang tidak boleh juragan lakukan pada murai batu tersebut adalah sebagai berikut.

  • Murai batu mabung akan lebih baik jika kita pindahkan ke kandang kusus,hal ini utuk mencegah pertemuan dengan murai batu lain,sebab jika sampai kita temukan dengan murai batu lainya,akan menganggu masa mabung murai tersebut.intinya untuk mencegah murai batu hormonya menjadi tidak seimbang dan bisa menganggu masa reproduksi nanti.
  • Akan lebih bagus jika setiap hari murai batu kita kerodong.cara ini untuk menjaga ketenangan murai batu tersebut.serta jauhkan dari kebisingan baik suara manusia,hewan dan suara kendaraan bermotor.
  • Masa mabung murai batu,untuk memandikan bisa kita lakukan selama 7 hari sekali saja,lalu jemur maksimal 40 menit sudah cukup.
  • Tingkatkan pakan yang berupa foding kusus.hal ini untuk meningkatkan dan mengimbangi agar masa proses mabung cepat selesai serta murai batu cepat membentuk sel baru dan bulu baru,pakan extra voding bisa kita berikan berupa jangkrik maksimal 4 ekor yang kita berikan pagi serta sore hari.serta pemberian pakan berupa kroto yang bisa kita berikan dengan ukuran satu sendok makan saja.
  • Pemberian vitamin juga penting dalam masa mabung ini.cara memberikan vitamin bisa kita berikan melalui air minum maupun melalui pakan berikan setiap satu minggu sekali saja.
  • Jangan lupa,selalu menjaga kebersihan kandang,mengganti air minum setiap hari dan membersihkan wadah tempat pakan supaya terhindar dari munculnya virus serta bakteri.

mungkin hanya itu saja yang bisa sarta berikan tentang cara perawatan murai batu mabung pertama.semoga bisa membantu juragan yang selama ini mengalami kesulitan dalam merawat murai batu mabung pertama..salam..

Advertisements
Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.