Cara Menjodohkan Induk Murai Batu Jantan-Betina

Cara menjodohkan Induk murai batu jantan-betina-Setelah kita sudah menemukan induk jantan dan betina yang dirasa sudah bagus,mkaa tahap selanjutnya adalah menjodohkan kedua induk tersebut supaya cepat membuahkan keturunan.Ada teknik dan cara kusus untuk menjodohkan induk murai batu,kita tidak bisa asal sembarangan,sebab jika kedua induk tidak berjodoh,malapetaka bakalan ayang akan di dapat..

Teknik dan cara menjodohkan induk murai batu bisa dengan cara memasukan induk betina ke kandang umbaran dan sang induk jantan ke kandang batrai,lalu kedua kandang tersebut kita letakan secara berdekatan,cara ini supaya kedua induk saling mengenal calon pasanganya..Cara Menjodohkan Induk Murai Batu Jantan-Betina

Advertisements

Jika kita lihat,hampir sam dengan cara menjodohkan manusia,perlu pendekatan,kecocokan,keserasian,jika hal tersebut tidak dimiliki atau salah satu dari induk murai batu tidak mau berjodoh ,maka pertengkaran yang akan di dapatkan..

Namun tak jarang juga para juragan ayam yang langsung menyatukan kedua induk murai batu tersebut dalam satu kandang umbaran,akan tetapi cara seperti ini kurang tepat jika kita langsung kita terapkan tanpa adanya pendekatan antar kedua induk murai batu tersebut..

Pasalnya,pendekatan akan lebih mengenal satu burung dengan burung yang akan menjadi pasanganya kelak.Akan tetapi,jika kedua induk tersebut dalam kondisi sedang masa rontok bulu atau yang bisa disebut mabung,Baru bisa kita satukan tanpa adanya pendekatan terlebih dahulu.

Advertisements

Induk murai mabung biasanya ia akan lebih tenang serta jarang melakukan agresif terhadap calon pasanganya..Akan tetapi,jika kedua induk burung TIDAK dalam masa mabung,tidak bisa kita langsung campurkan kedua induk dalam satu kandang,perlu kita lakukan pendekatan hingga beberapa hari agar kedua induk saling mengenal terlebih dahulu..

Setelah kedua sangkar induk betina dan jantan kita letakan berdekatan,kita sebagai juragan,juga harus terus melakukan pemantauan serta mencatat perkembangan.biasanya kedua induk tersebut akan saling mengeluarkan kicauan andalanya untuk menarik hati induk lainya,begitu seterusnya hingga kedua induk murai batu tersebut benar-benar serasi dan kompak dalam menyayikan lagi kicauanya..Kompak.

Nah,jika hal tersebut sudah di tunjukkan oleh kedua induk murai batu tersebut,serta terlihat ada rasa cinta dan keinginan untuk ke hubungan selanjutnya,baru kita bisa menyatukan kedua induk murai batu tersebut dalam satu kandang penangkaran..

Biasanya kedua induk akan melakukan perjodohan selama kurang lebih 14 hari,akan tetapi,jika sudak melebihi hari ke 25 tidak ada gelagat jika kedua induk tersebut berjodoh,kita bisa menganti induk murai batu yang lainya..induk murai yang telah berjodoh,bisa kita lihat kedekatan antar kedua insan burung tersebut,kemana-mana selalu sama,kompak dan saling berbagi satu dengan yang lainya..

Jika kedua induk tersebut sudah melakukan perkawinan,maka akan di tandai dengan adanya pembangunan sarang di dalam kandang penangkaran,biasanya dalam masa ini,kedua induk akan membangun sarangnya secara bersama-sama,sebaiknya dalam masa ini,letakan tempat pembuat sarang bisa berupa sabut kelapa,ijuk kering,daun cemara di sekitar lokasi kandang..

Baca Juga: Ciri murai batu betina dewasa siap dijodohkan

Biarkan kedua induk tersebut yang membangun sarangnya sendiri dan memilih tempat yang di rasa nyaman dan aman dari berbagai ngangguan,di masa inilah induk betina akan segera bertelur,kewajiban kita sebagai juragan tetap memantau perkembangan..

Advertisements
Cara Menjodohkan Induk Murai Batu Jantan-Betina | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.