Cara Mengobati Penyakit Pilek Ayam Bangkok

Cara mengobati penyakit pilek ayam Bangkok-Penyakit pilek atau biasa di sebut influensa juga sering menyerang ayam bangkok baik yang masih anakan maupun pada ayam bangkok yang sudah dewasa.Jenis penyakit pilek ini biasa menyerang ayam pada saat musim penghujan atau cuaca sedang dingin.

Penyakit pilek atau snot pada ayam bangkok bisa saja di sebabkan oleh faktor lain selain musim,misal lingkungan kandang yang kurang bersih,kandang lembab serta selalu basah juga akan cepat mengundang jenis penyakit pilek ini.Jenis penyakit ini tergolong menular,sebab di akibatkan oleh sebuah bakteri Homophilus,cara menularnya juga banyak ragamnya,mulai dari tempat pakan,ayam saling kontak dan bisa melalui udara.Cara Mengobati Penyakit Pilek Ayam Bangkok

Advertisements

Maka dari itu,jika gejala pilek pada ayam bangkok anda sudah kita deteksi,maka segera lakukan isolasi memisahkan ayam tersebut ke kadang sendiri agar kita lebih fokus dalam melakukan penyembuhan.karena jika kita tidak melakukan isolasi,maka bisa saja seluruh ayam juragan di rumah mengalami jenis penyakit ini..

Gejala Pilek pada ayam Bangkok.

Gejala yang bisa kita lihat jika ayam bangkok kita sudah terserang jenis penyakit pilek ini bisa kita lihat dengan adanya pembengkakan pada bagian mata serta mukanya,pada bagian mata,terdapat lendir,yang makin lama makin lengket sehingga ayam susah untuk membuka matanya.

Selain itu,ayam bangkok juga terlihat bersin-bersin,hampir sama dengan manusia yang sedang mengalami penyakit pilek,selalu mengeluarkan sebuah cairan dari hidungnya,nafsu makan yang menurun secara cepat,nafasnya yang sedikit sesak dan cepat,biasanya penyakit pilek ini akan di sertai dengan timbulnya penyakit diare pada ayam bangkok..

Advertisements

Cara Mencegah penyakit pilek.

Jika sudah terdeteksi,segera lakukan isolasi,pemisahan ayam tersebut ke kandang sendiri agar tidak menulari ayam sehat lainya.lakukan pembersihan di lokasi kandang,kandang jangan terlalu lembab,selalu basah akan lebih bagus,jika kandang pada siang hari terkena sinar matahari langsung.Cara Mengobati Penyakit Pilek Ayam Bangkok

Jika terdapat ayam yang sudah mati akibat jenis penyakit pilek ini,maka segera lakukan penguburan,namun yang lebih bagus,bangkai ayam langsung segera kita kuburkan.

Cara mengobati Ayam Bangkok Pilek/Snot.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati ayam bangkok terserang penyakit jenis ini,yaitu melakukan pengobatan dengan bahan kimia dan menggunakan jamu tradisional warisan leluhur.semua terserah juragan mau yang kimia atau tradisional.

Untuk pengobatan menggunakan bahan kimia seperti obat,kita bisa memberikan jenis sulfatiasol,streptomisin dan vibravet akan lebih bagus,jika dosis di baca pada luar kemasannya.

Nah,jika juragan mengiginkan pengobatan secara tradisional,jamu recikan sendiri warisan leluhur bahan yang perlu juragan siapkan di rumah antara lain.

  1. Jahe
  2. kencur.
  3. tepung beras..

Cara membuat juga tergolong sangat mudah,ketiga bahan di atas kita campur menjadi satu,lalu kita tumbuk atau di blender jika juragan tidak ingin kerja keras,lalu setelah semua bahan menyatu dan halus,kita bentuk bahan adonan tersebut menjadi bulan sebesar kelereng,lalu juragan jemur hingga kering.

Jika bahan adonan yang telah kita bulatkan sudah benar-benar kering,langsung bisa kita berikan pada ayam bangkok dengan cara Melolohkanya 2 kali dalam satu hari pagi dan sore hari sampai benar-benar ayam bangkok juragan sembuh total..Monggo silahkan di buktikan di rumah juragan sendiri tentang kasiat jamu ini,nanti jika sudah terbukti,silahkan langsung melakukan testimoni di kolom komentar..semoga membantu..

Advertisements
Cara Mengobati Penyakit Pilek Ayam Bangkok | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.