Cara Mengawinkan Induk Ayam Bangkok

Cara mengawinkan induk ayam bangkok – Mungkin sudah banyak juragan ayam bangkok yang banyak mengetahui cara mengawinkan induk untuk menghasilkan anakan yang berkualitas tempur,namun tak ada salahnya jika akan saya tuliskan ulang,supaya lebih detail dan jelas dalam tata cara pelaksanaanya..

Jika juragan pemula terjun di dunia ayam bangkok,Mungkin akan sedikit mengalami kesulitan untuk mengawinkan induk ini,bagaimana cara,teknik serta langkah yang paling mudah supaya hasil yang di inginkan sesuai harapan,mulai dari perjodohan,induk mengeram dan menetas akan saya bongkar secara gamblang kusus untuk pemula..Cara Mengawinkan Induk Ayam Bangkok

Advertisements

Mengawinkan induk ayam bangkok untuk di hasilkan keturunan anakan yang berkualitas..umumnya untuk satu induk ayam bangkok jantan bisa mengawini hingga 4 induk betina.ada dua cara yang bisa kita lakukan,yaitu dengan cara perkawinan secara alami dan perkawinan secara dodokan..

Pemilihan Induk ayam bangkok Berkualitas..

Hal ini wajib kita lakukan,jika memang untuk di hasilkan anakan yang super berkualitas,pemilihan induk sehat,tidak cacat wajib kita pilih untuk di lakukan perkawinan,sebab semua usaha ayang akan anda lakukan berawal dari induk yang di gunakan,semakin bagus induk,maka hasil yang di dapatkan juga ikut memuaskan..

Jika memang juragan di rumah belum memiliki induk bagus,Mungkin tak ada salahnya jika sedikit mengeluarkan modal untuk membeli induk berkualitas.Toh nantinya tidak akan rugi.ini merupakan pondasi utama untuk kesuksesan ternak yang sedang anda lakukan..

Cara mengawinkan induk ayam bangkok.

Sesuai yang sudah saya jelaskan di atas,jika ada dua cara untuk mengawinkan induk ayam bangkok.cara pertama yang bisa juragan lakukan dengan cara menempatkan beberapa induk betina dan satu ayam pejantan dalam satu kandang umbaran.

Untuk ukuran silahkan juragan sesuaikan sendiri,untuk 3-4 induk betina dan satu ayam jantan bisa menggunakan kandang ukuran 2×4 meter.ukuran ini sudah cukup lebar dan pas untuk menjodohkan beberapa induk ayam tersebut..

Advertisements

Selanjutnya biarkan saja ayam tersebut kawin secara alami tanpa ada ikut campur dari sang juragan.cara ini tergolong lebih mudah dan simpel,tanpa harus repot untuk melakukan beberapa hal yang mungkin akan sedikit menyita waktu dari sang juragannya..

Cara Kedua yaitu dengan cara dog-dogan.cara mengawinkan ini dengan cara memegang induk betina,lalu di sodorkan kepada induk jantan dengan posisi ekor menghadap ke depan.maka tak membutuhkan beberapa lama,induk jantan akan langsung menaiki induk betina untuk di lakukan perkawinan..

lakukan cara ini hingga beberapa kali,supaya sel telur induk ayam betina mampu terbuahi secara sempurna oleh sperma induk jantan.akan lebih bagus lakukan kawin dog-dogan setiap hari biar induk cepat untuk bertelur..

Baca Juga: 5 jenis ayam pama dan kelebihanya

Biasanya dalam waktu tidak lama,berkisar 12 hari saja,induk betina kan segera bertelur,maka dari itu,juragan juga wajib sigap untuk segera membuat tempat bertelur sesuai standar keyamanan untuk di hasilkan telur menetas dengan sempurna..

Merawat Dan membuat sarang bertelur.

Sarang yang kita buat akan mempengaruhi telur-telur yang di hasilkan induk ayam bangkok tersebut.maka dari itu,buatlah seyaman mungkin,letakan sarang di daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung.perhatikan juga,sirkulasi udara di sekitar kandang,pastikan semua mengalir secara sempurna..

Juragan bisa menggunakan sarang dari kotak kayu yang di alasi jerami,jika kesusahan mendapatkan jerami,pastikan,bahan yang di gunakan mampu menahan panas supaya saat induk mengeram,suhu di daerah telur mampu normal tidak naik turun..

Biasanya setelah induk ayam mengeram,akan banyak sekali jenis kutu atau hama yang menyerang induk,Hal inilah yang sering mengakibatkan induk kurang nyaman,dan sering keluar dari sarang,jadinya suhu yang di dapat telur kurang maksimal dan bisa mengakibatkan telur tidak bisa menetas..

Baca Juga: Ciri fisik ayam pakhoe dan kelebihannya

Untuk mencegah hal ini,Juragan di rumah bisa memberikan daun tembakau yang sebelumnya kita remas,lalu tempatkan/taburkan di sekitar sarang telur tersebut.cara inilah yang paling bagus untuk mencegah dan mengusir kutu datang…salam..

Advertisements
Cara Mengawinkan Induk Ayam Bangkok | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.