Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk di Tetaskan

Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk di Tetaskan – Sebelum di lakukannya proses penetasan telur unggas, ada baiknya jika kita melakukan seleksi terlebih dahulu terhadap telur-telur unggas yang akan di tetaskan tersebut. Penyeleksian ini bertujuan untuk mengurangi nilai kegagalan ketika melakukan penetasan.

Penyeleksian telur unggas sebelum melakukan penetasan telur ini memang sangat di perlukan. Karena di sana kita juga dapat menentukan apakah kualitas telur tersebut unggul atau tidak. Cara yang satu ini juga harus di perhatikan, karena pada umumnya cara yang satu ini dapat menentukan tingkat keberhasilan yang baik.

Advertisements

Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk di Tetaskan

Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk di Tetaskan

Berikut ini merupakan beberapa yang harus di perhatikan ketika ingin menyeleksi telur tetas tersebut. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, lihat lah di bawah ini :Tulisan terkait Persiapan Sebelum Membuat Mesin Tetas Telur Sederhana

Keadaan kulit telur

Walaupun hanya berupa kulit telur, ternyata kulit telur ini dapat di prediksikan apakah telur tersebut baik untuk di tetaskan atau tidak. Maka dari itu, sebelum kita melakukan proses penetasan di dalam mesin, maka aa baiknya jika kita membersihkan kulit telur tersebut terlebih dahulu.

Jika kulit tersebut dalam keadaan yang retak, maka ada baiknya jika kita tidak mengikut sertakan telur yang sudah retak tersebut ke dalam mesin penetas telur. Selain itu kita juga harus memilih jenis kulit telur yang baik juga, jika dinding kulit telur tersebut terlalu tebal atau pun terlalu tipis, itu pastinya akan membuat telur tidak akan menetas.

Advertisements

Umur telur tetas

Selain itu umur telur tetas juga harus di perhatikan juga, karena umur ini juga merupakan faktor penentu keberhasilan dari telur tetas tersebut. Jika telur tersebut telah memasuki umur mencapai lebih dari 23 hari, maka telur tersebut sudah memiliki pertanda bahwa tidak dapat menetas.Simak juga Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sendiri Secara Kombinasi

Bentuk telur

Bentuk telur juga sangat mempengaruhi penetasan, jika telur tersebut berbentuk bulat sempurna maka sudah di pastikan bahwa telur tersebut bakal menetas. Maka dari itu jika kita ingin menetaskan telur unggas di dalam mesin, maka ada baiknya memilih jenis telur yang berbentuk bulat.

Berat telur

Bukan hanya bentuk telurnya saja yang dapat di tentukan, berat telur juga harus di perhatikan untuk menetaskan telur unggas ini. Biasanya berat telur yang di haruskan ketika ingin melakukan penetasan ini ialah, berkisar sekitar 55 gram sampai dengan 65 gram untuk jenis telur ayam.

Jika telur unggas melebihi berat atau kekurangan berat, maka sudah akan di pastikan bahwa kegagalan penetasan akan sangat mudah terjadi. Maka dari itu untuk pemilihan telur untuk di tetaskan ini harus berdasarkan dengan berat telur yang telah di tentukan sebelumnya

Kebersihan telur

Selain itu, kebersihan telur juga harus di lihat selalu, karena jika telur unggas dalam keadaan yang kotor. Maka kuman atau bakteri akan sangat mudah menghinggapi telur unggas tersebut, sehingga dapat mempermudah kegagalan penetasan telur tersebut.sekian Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk di Tetaskan semoga membantu.tulisan lain penting di baca juga Persiapan Sebelum Membuat Mesin Tetas Telur Sederhana

Advertisements
Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk di Tetaskan | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.